Alat Penjernih Air, Bagaimana cara memilih jenis dan menentukan produsen yang tepat ?

Alat penjernih air semakin dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia dan ekosistem. Karena polusi air semakin meningkat, dan air digunakan untuk mandi, mencuci, memasak, dan minum, kontaminan dapat dengan mudah mempengaruhi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar. Karena kenaikan polutan air, alat penjernih air semakin dicari. Bagaimana cara kita menentukan alat penjernih air yang sesuai untuk kebutuhan kita ?, berikut ini penjelasan sederhana cara menentukan alat penjernih air.

Setiap produsen membuat alat penjernih air dengan spesifikasi yang berbeda.
Setiap produsen membuat alat penjernih air dengan kualitas yang berbeda, untuk beberapa kebutuhan proses penjernihan air tergantung pada tingkat pencemaran pada air yang akan dijernihkan, sebagai misal kita akan menyaring air yang berasal dari air tanah akan berbeda dengan air PDAM (air ledeng), meskipun secara kasat mata terlihat bahwa air tersebut jernih namun beberapa kontaminasi seperti kandungan logam dalam air atau kandungan mikroba memerlukan cara yang berbeda untuk memurnikannya. Sehingga Anda harus benar-benar mengetahui sumber air yang akan di filter atau Anda bisa konsultasikan langsung pada ahli penjernih air.

Memilih jenis penjernih air / filter air terbaik.
Sistem penjernih air modern memiliki tahapan penyaringan pada desainnya. Beberapa produsen menggabungkan motode seperti reverse osmosis yang mampu menghilangkan beberapa kontaminasi/kotoran dalam air seperti padatan terlarut, kekeruhan, asbes, timbal dan logam berat beracun lainnya. Karbon Aktif digunakan untuk penjernih air karena kemampuannya untuk menghilangkan bahan kimia dalam air terutama menghilangan kandungan klorin dan dapat meningkatkan kualitas air

Penjernih Air bertingkat.
Semakin banyak tahapan filter dalam sistem pemurni air, akan menaikkan biaya installasi. Namun, ini mungkin sebenarnya lebih murah daripada membeli peralatan bagian per bagian. Yang dimaksudkan disini adalah melakukan installasi filter air dengan cara menggabungkan dari beberapa metode penjernihan air. Air sumber bisa dilewatkan melalui metode reverse osmosis, menggunakan karbon aktif dan membunuh mikroba dengan menggunakan sinar Ultra Violet. Sehingga air bisa langsung kita konsumsi.

Kesimpulan
Singkatnya, pertimbangkan hal berikut. Pertama, pastikan filter air yang spesifik untuk berbagai kebutuhan air. Kedua, konsultasikan dengan ahli penjernih air, jika perlu lakukan pengetesan terhadapa kualitas air yang akan dipergunakan untuk konsumsi. Ketiga, pertimbangan jumlah air yang akan Anda butuhkan. dengan cara demikian Anda bisa menghemat biaya dan waktu serta dapat secara tepat mendapatkan air bersih sesuai dengan kebutuhan.